Breaking News

Waspadalah !!! Kini Pembobolan Akun BBM Mulai Beredar((INI TANDANYA))


Jakarta – Pengguna Blackberry Messenger (BBM) diinginkan lebih siaga. Pasalnya akhir-akhir ini sedang ramai peristiwa pembajakan akun BBM yang berujung pada modus penipuan.

Telah banyak korban yang terkena dampak kejahatan ini, baik itu korban yang kehilangan akun BBM maupun yang tertipu oleh pelaku kejahatan.

Salah satu modus peretasan akun BBM yaitu melalui pesan broadcast yang diisi link video. Korban yang buka tautan video itu akan diminta untuk memasukkan BlackBerry Identity (BB ID) beserta kata kuncinya.

Selain itu, menurut ketua lembaga riset keamanan cyber CISSReC (Communication and Information Sistem Security Research Center) Pratama Persadha modus lain yang juga digunakan oleh pelaku yaitu phising yang mengincar e-mail korban.

“Jika pelaku sudah tahu password e-mail korban, jadi lalu pelaku mengganti password e-mail dan akun Blackberry Messenger hingga korban tidak dapat membukanya lagi. Begitu pelaku mengambil alih akun Blackberry Messenger korban, jadi pelaku bisa dengan mudah melakukan tindakan jahatnya, ” papar Pratama.

Ahli keamanan cyber ini menambahkan modus kejahatan seperti ini biasanya yaitu pelaku menyebarkan pesan

yang diisi permintaan sejumlah pulsa maupun duit pada orang-orang yang ada di daftar kontak BBM korban. Pesan yang dikirimkan juga berbentuk memohon seolah-olah korban tengah dalam keadaan yang memang memerlukan bantuan, hingga banyak orang-orang yang pada akhirnya menolong.

“Ada beberapa ribu situs phising yang mengancam pengguna internet. Hal seperti ini sebenarnya dapat dicegah jika pemakai tetaplah siaga akan modus kejahatan ini. Yakinkan url atau alamat situs yang akan dituju itu benar serta bukanlah situs palsu yang di buat mirip aslinya. Diluar itu janganlah sembarang buka tautan yang selanjutnya mewajibkan pengguna untuk memasukkan e-mail dan password, itu berbahaya, ” jelas Pratama.

Pratama menjelaskan bila sewaktu-waktu kita terima pesan BBM maupun pesan dengan modus yang sama, sebaiknya waspada dan janganlah langsung yakin karena belum pasti benar itu yaitu pesan yang dikirimkan oleh teman kita.

Pastikan kembali bila yang bersangkutan memanglah membutuhkan bantuan kita dengan menghubunginya melalui media komunikasi lain atau tanyakan hal yang pribadi sehingga dapat terverifikasi benar atau tidak itu yaitu rekan kita.

“Kejahatan phising ini tidak hanya mengincar akun Blackberry Messenger saja, banyak yang dapat di ambil alih oleh pelaku seperti bebrapa account sosial media yang lain misalnya Facebook, Twitter dan bahkan juga akun internet banking. Salah satu cara pencegahan yang mudah yaitu dengan rutin mengganti password setiap akun yang dipunyai setidaknya setiap 3 bln. sekali, ” tutup Pratama dalam keterangannya, Rabu (21/10/2015).

sumber:http://www.kabarnetizen.com/

Tidak ada komentar