Breaking News

9 Foto Ini Membuktikan Penjajahan di Indonesia Masa Itu Sungguh Kejam!


Sedari kecil ketika kita memasuki sekolah dasar, kita sudah dicekoki oleh pelajaran sejarah yang menceritakan tentang perjuangan para rakyat Indonesia untuk bebas dan merdeka. Butuh waktu puluhan tahun untuk mencapai cita-cita tersebut sehingga banyak pahlawan tanpa nama yang berguguran entah itu di medan perang, atau ketika memberontak dari tuntutan penjajah. Tapi kamu pernah tanya ke diri sendiri gak sih, manfaat yang kamu dapat dari pelajaran sejarah? Pasti enggak. Dengan mempelajari sejarah bangsa ini, kamu bakal lebih menghargai perjuangan para pahlawan dan bisa meniru semangat juang mereka untuk dipraktikkan dalam kehidupanmu itu sendiri. Selain itu pula, kamu jadi lebih menghargai anugerah kebebasan yang tidak dimiliki oleh para kakek-nenek buyutmu dulu. Kalau jaman dulu mah mana boleh pendidikan merata 12 tahun, udah bisa masuk SD aja udah bersyukur. Pendidikan tinggi pada jaman dulu hanya bisa didapatkan oleh sebagian orang saja, yang notabene berasal dari keluarga bangsawan, atau terhormat di tempat tinggalnya. Rakyat jelata, kaum pedagang, jangan harap deh. Akan tetapi, di pelajaran sejarah Indonesia, bukti-bukti penjajahan dalam foto itu jarang ditampilkan. Alasannya mungkin karena foto-foto demikian terlalu ekstrem dan tidak pantas ditampilkan dalam buku sejarah yang katanya harus bermoral dan mengikuti budaya-budaya Timur. Namun demikian, sejarah ya tetaplah sejarah, yang harus diceritakan secara turun-temurun agar menjadi bahan pembelajaran untuk generasa penerus, terlepas dari kepantasan atau tidak. Kali ini YuKepo sudah merangkum beberapa foto yang menjadi bukti dari kekejaman Belanda dan Jepang ketika menjajah Indonesia. Buat kamu yang gampang mual, mending jangan diterusin dehnya, bisa muntah!

1. Foto anak kecil yang dikubur menempel ini baru dipublikasikan pada tahun 2015 di koran de Volkskrant, gak manusiawi ya?


jakartagreater.com

2. Hampir semua pekerja Romusha memiliki badan seperti di foto ini, hal itu disebabkan Jepang hanya menyuruh kerja secara terus menerus, dan jarang dikasih makan!

jakartagreater.com

3. Tuh lihat para pejuang yang berasal dari Aceh ini diarak seperti babi dengan menggunakan rantai!


jakartagreater.com

4. Pasukan Belanda sering menggunakan parit sebagai tempat pembuangan mayat para pejuang Indonesia, gila!


jakartagreater.com

5. Tak jarang pula ketika dilemparkan ke dalam parit, anggota tubuh pejuang sudah dimutilasi dan kepalanya digorok!


jakartagreater.com

6. Jepang tidak memberikan tempat tinggal untuk para pekerja Romusha, sehingga mereka tidur di tempat terbuka!


jakartagreater.com

7. 1600 orang pekerja Romusha yang dibawa ke Papua dalam waktu tiga bulan hanya tersisa 250 orang, berarti 1350 orang mati!


www.asalasah.com

8. Foto para pejuang yang ditawan ketika pertempuran di Malang terjadi tahun 1947, mereka diinterogasi terlebih dahulu sebelum akhirnya dieksekusi mati!


hobbymiliter.blogspot.co.id

9. Seorang tentara Inggris menawan 4 pejuang Indonesia tahun 1946!


hobbymiliter.blogspot.co.id
Sembilan foto di atas ditampilkan bukan untuk menebar kebencian terhadap bangsa lain. Namun, nilai yang terkandung didalamnya mengajarkan kita bahwa hidup kita sekarang ini udah enak, bebas dari penjajah. Jadi hargai setiap detik kebebasan dan persatuan yang kita miliki saat ini. Jangan mudah dipecah belah dengan isu-isu yang lagi marak sekarang ini. Gak mau kan dijajah lagi sama bangsa lain?
BACA SUMBER

Tidak ada komentar