Breaking News

Valentino Rossi Kena Penalti, Ini Penjelasan Race Director

Rossi saat melewati gravel. (Foto: Twitter Crash)
Rossi saat melewati gravel. (Foto: Twitter Crash)

AUSTIN Race Director MotoGP, Mike Webb, mengungkapkan alasan mengapa Valentino Rossi terkena penalti 0,3 detik saat mentas di Sirkuit Austin, Amerika Serikat. Webb menilai Rossi terkena hukuman karena memacu motornya dengan kecepatan tinggi saat memotong jalan.

Lantas, mengapa Rossi hanya mendapat hukuman penalti 0,3 detik meski terlihat jelas memotong jalan? Dalam pandangan Webb, Rossi tidak sengaja memotong jalan karena menghindari benturan dengan rider Tim Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

Webb mengatakan, jika Rossi sengaja memotong jalan, hukuman berat akan menimpa legenda balap asal Italia tersebut. Usai memotong jalan, Rossi memang berhasil mendekatkan jarak dengan penghuni posisi dua, Marc Marquez (Repsol Honda). Keuntungan itulah yang coba dihapus Webb kepada Rossi.

“Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan dengan memotong jalan. Rossi mendapatkan keuntungan karena berhasil mendekatkan diri dengan Marquez. Jadi, kami meniadakan keuntungan itu,” kata Webb mengutip dari Crash, Senin (24/4/2017).

“Namun di sisi lain, Rossi meninggalkan jalur tanpa disengaja. Ia memotong jalan karena dipaksa pergi oleh pembalap lain (Zarco). Jika ia sengaja memotong jalan, jelas hukuman lebih berat akan menimpanya. Mengapa Rossi hanya mendapatkan penalti 0,3 detik? Hal itu karena ia telah mengambil keuntungan 0,3 detik saat memotong jalan,” tutupnya.

Beruntung bagi Rossi, hukuman 0,3 detik tidak berarti banyak baginya. Sebab rider berusia 38 tahun itu tetap finis di posisi dua dan untuk sementara menduduki posisi puncak klasemen sementara MotoGP 2017 dengan koleksi 56 poin. Ia unggul enam angka dari Maverick Vinales di posisi dua.

Tidak ada komentar