Breaking News

171 Napi yang Kabur Berhasil Ditangkap dan Dikembalikan ke Rutan Pekanbaru


Napi Rutan Pekanbaru yang berhasil ditangkap (Istimewa)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Sekitar 200 narapidana sempat kabur saat terjadi kerusuhan di Rutan Kelas 2B Pekanbaru di Jalan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Jumat (5/5/2017) pukul 12.45 WIB. Setelah dilakukan pengejaran, sebanyak 171 napi di antaranya sudah berhasil ditangkap.

“Napi yang sudah berhasil ditangkap ada 171 orang, sebanyak 169 orang di daerah Pekanbaru dan 2 orang di daerah Kecamatan Seikijang, Pelalawan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Polri, Brigjen Rikwanto dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Hingga kini petugas gabungan dari polisi dengan pihak rutan terus mengejar para narapidana yang lain. Beberapa lokasi di Pekanbaru sudah disisir aparat guna mencari para narapidana ini.

Sementara terkait pengamanan, kata Rikwanto, polisi menyiagakan kekuatan 4 SSK dan 2 pleton. Adapun pasukan terdiri dari 1 SSK anggota Polresta Pekanbaru, 2 SSK anggota Brimobda Riau, 1 SSK anggota TNI, dan 2 pleton anggota Sabhara Polda Riau.

“Situasi sampai saat ini masih dapat dikendalikan, mediasi masih berlangsung agar narapidana kembali ke masing-masing blok, yaitu blok B dan blok C,” tutur Rikwanto.

Kaburnya ratusan narapidana di Rutan Kelas IIB Pekanbaru berawal saat insiden narapidana yang beragama muslim hendak melaksanakan salat Jumat.

Sekira pukul 12.30 WIB, ratusan tahanan menjebol pintu gerbang pos jaga bawah dan bergerak ke pintu lalu lintas mobil.

Kemudian ratusan narapidana tersebut berusaha menjebol pintu yang berada di sebelah kanan Rutan untuk melarikan diri.

Belum bisa dipastikan apakah aksi tersebut telah direncanakan sebelumnya atau secara spontan. Hingga kini penyidikan masih didalami jajaran Kemenkumham.

Tidak ada komentar