Breaking News

Liburan Long Weekend di Magelang, Wajib Coba Kuliner Tongseng

https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2017/04/14/771885aa-8278-4c0f-af1a-bdbcbe6908aa_169.jpg?w=780&q=90
Seporsi tongseng yang menggoda (Randy/detikTravel)

Magelang - Tidak kalah dengan kota lain di Jawa Tengah, Magelang juga punya kuliner tongseng yang legendaris. Ini dia salah satu rekomendasinya!

Berlokasi di seberang SPBU yang berada tidak jauh dari Candi Mendut, traveler bisa menemukan Warung Sate & Tongseng Mbak Ning yang sudah populer di kalangan masyarakat lokal. Penasaran dengan rasanya, detikTravel pun singgah sejenak untuk makan siang, Jumat (14/4/2017).

Seperti diketahui, kuliner tongseng yang dibuat dari olahan kambing memang sangat populer di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Adapun setiap daerah di Jawa Tengah memiliki tongseng dengan ciri khas rasa masing-masing, tidak terkecuali di Warung Sate & Tongseng Mbak Ning.

Setibanya di rumah makan, saya pun langsung memesan seporsi tongseng kambing yang menjadi ciri khasnya. Namun selain menu tongseng, ada menu sate goreng kambing yang terdengar tidak biasa. Penasaran, menu itu pun ikut saya pesan.

 Warung Tongseng Mbak Ning (Randy/detikTravel)
Warung Tongseng Mbak Ning (Randy/detikTravel)

Tidak perlu menunggu lama, hidangan tongseng dan sate goreng kambing segera terhidang. Untuk kuliner tongseng, tidak ada yang berbeda. Hanya untuk kuliner sate goreng kambing, malah cenderung basah ketimbang kering. Sekilas malah tampak seperti oseng-oseng kambing, hanya saja lebih gelap karena diberi kecap sebagai bahan utama.

Setelah dicoba, rasa manis langsung menyergap lidah. Walau saya meminta kedua menu untuk diolah pedas, rasa manis gurih masih mendominasi. Tidak jauh beda dengan rasa gudeg khas Yogya yang cenderung manis. Cocok bagi Anda yang menyukai kuliner dengan rasa gurih dan manis.

Proses memasak tongseng (Randy/detikTravel)
 Proses memasak tongseng (Randy/detikTravel)

Selain mencicipi tongseng, saya pun sempat berbincang dengan mbak Praningsih (Ning) yang merupakan pemilik rumah makan. Dijelaskan oleh Ning, kalau restoran tersebut beroperasi dari tahun 1999 dan dikelola bersama adiknya. Lokasinya pun tidak jauh dari rumah makan tongseng ibunya yang sudah lebih dulu buka.

"Yang di sini baru dari 99, tapi kalau punya ibu di sana sudah dari 77," ucap Ning.

Menggugah selera bukan? (Randy/detikTravel)
 Menggugah selera bukan? (Randy/detikTravel)

Setiap harinya, Ning bisa mengolah daging kambing hingga 10 Kilo. Menu tongseng pun selalu jadi andalan setiap tamunya.

"Paling banyak tongseng, seporsi sama minum 28 ribu rupiah," ujar Ning.

Sehari-harinya, Warung Sate & Tongseng Mbak Ning buka dari pukul 08.00-19.00 WIb dan hanya libur pada hari Idul Adha. Bisa jadi pilihan jika traver tengah liburan ke Candi Borobudur di Magelang. (rdy/wsw)

Tidak ada komentar